Cara Budidaya Udang Galah Air Tawar

Cara budidaya udang galah

Peminat kuliner udang galah semakin hari makin meningkat karena rasanya yang khas dan nikmat apabila dimasak.Udang galah dapat hidup pada perairan air tawar dengan nilai ekonomis yang lumayan tinggi mulai dari bibi hingga ukuran konsumsi.

Syarat kolam

Kolam merupakan tempat untuk melakukan buidaya udang galah terutama kolam tanah atau tambak.Sumber aiur yang dipakai haruslah air yang bersih dan kualitasnya harus selalu terjaga.Jenis tanah yang baik untuk budidaya ialah tanah yang liat berpasir dengan debit air yang tdak terlalu deras.   Untuk kualitas air harus memperoleh penyinaran matahari yang cukup dengan kandungan mineral yang cukup pula.Memiliki temperatur yang  ideal dengan kandungan gas karbondioksida cukup juga kadar oksigen yang terlarut.

Pemberian pakan

Jenis pakan yang diberikan pada udang sangat berpengaruh pada pertumbuhan udang tersebut dan hasil panen nantinya.Maka kita harus memperhatikan kandungan dari pakan udang tersebut mulai dari bahan kimia yang terkandung pada makanan,protein,mineral,karbohidrat dan lainnya.Bentuk makanan mulai dari ukuran besar kecilnya.Jumlah makanan yang diberikan pula harus diperhatikan,dan harga pakan tersebut.

Penanggulangan hama

Supaya hasil panen melimpah,dalam budidaya udang galah kita perlu melakukan penanggulangan hama dan penyakit yang menyerang pada udang.apabila udang dipelihara pada kolam tambak maka hama yang menyterang biasanya ikan liar predator.Untuk menanggulanginya,kolam dapat dibuatkan pintu pemasukan dan pintu pengeluaran pada kolam yang terbuat dari jaring atau yang lain.Untuk tanaman yang biasanya tumbuh dan mengganggu pertumbuhan udang biasanya lumut,untuk mengatasinya dengan membuatkan kincir angin atau sejenisnya yang dipasang pada kolam atau tambak. Untuk mengecek kesehatan udang,dapat dilakukan pemeriksaan udang dengan cara acak sesuai dengan yang diinginkan.selalu melakukan pengamatan pada udang terutama kesehatannya.Selain itu dapat dilakukan pengamatan dari kualitas air pada kolam dan jasad-jasade renik yang hidup pada kolam.

Pemanenan

Pemanenan udang dapat dilakukan apabila telah berumur sekitar 6 bulanan untuk panen pertama.Pemanenan dapat dilakukan secara bertahap,karena udang dipanen apabila telah memenuhi syarat konsumsi atau pasaran denganukuran yang seragam.Panen berikutnya dapat dilakukan setelah 3 minggu setelah panen pertama dan seterusnya.setelah udang dipanen dapat dijual pada pasar atau warung atau tempat yang lain.

1 comment:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan OVULAS untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete