Urutan Budidaya Kroto Dari Awal Hingga Panen

Urutan Budidaya Kroto Dari Awal Hingga Panen

Aneka Cara Budidaya.Para peternak sudah tak asing dengan hewan kroto yang ciri fisiknya hampir sama dengan semut.Kroto itu merupakan telur dan juga larva yang diperoleh dari hasil budidaya semut rangrang.Warna kroto agak keputihan seperti nasi yang pullen dan memiliki harga jual yang tinggi dipasaran.Kebutuhan akan kroto yang banyak menjadikan budidaya kroto menjadi lebih populer dikalangan pecinta burung dan hewan ternak yang lain.Dengan harga jual yang tinggi walaupun sedikit fluktuatif menjadikan kroto tetap menjadi andalan budidaya.Mengapa sulit sulit mencari kroto dialam di pohon pohon yang belum tentu keberadaannya yng semakin sedikit dan jarang ditemukan.
Mulailah berbudidaya kroto dirumah biarpun kecil kecilan akan tetapi menghasilkan dan bisa memenuhi kebutuhan akan kroto walaupun masih kebutuhan pribadi.Jika sudah tau seluk beluk budidaya kroto yang baik,bisa menambah budidaya kroto sekala beasar untuk mencukupi kebutuhan pasaran dan orang banyak yang memiliki hewan peliharaan pemakan serangga terutama burung kicau.Dalam budidaya kroto sendiri memberikan jalan keluar dari sulitnya mencari kroto dialamnya dan dapat pula dijadikan bisnis rumahan untuk penghasilan tambahan. Nah hanya semut rangrang saja yang dapat menghasilkan kroto denga koloni yang memiliki ratu untuk menghasilkan kroto tersebut. Jika ingin melakukan budidaya semut rangrang haruslah ada ratu disetiap koloninya supaya menghasilkan kroto. Urutan dari budidaya kroto diantaranya.

Melakukan persiapan untuk budidaya kroto

Apabila semut rangrang dibudidayakan sendiri diperlukan rumahatau sarang untuk tempat tinggal si semut rangrang tersebut.Berbagai macam bahan untuk membuat sarang dapat dipakai diantaranya adalah toples baik bekas atau baru,pipa paralon,dan yang lainnya.Terdapat urutan langkan cara budidaya dan pembuatan sarang tersebut.

a.Persiapan bibit koloni semut

Untuk bibit koloni semut yang akan dibudidayakan bisa dari hasil tangakapan sendiri dialam bisa juga membelinya dari peternak kroto yang lain.Dimana masing masing sarang telah ada ratunya sendiri dan harganya bervariasi untuk satiap sarang atau toples yang lengkap dengan koloni dan ratunya. Wadah dari penjualan bibit kroto biasanya sudah dalam keadaan rapi berupa sarang dari toples plastik ukuran kecil yang telah berisikan koloni semut.

b.Pembuatan sarang semut

Jika bibit semut kroto telah dipesan,bibit tersebut harus ditempatkan pada tempat yang cocok untuk budidaya yaitu berupa rak buatan dari kayu dan sarang harus pula disiapkan berupa toples atau paralon. Untuk sarang dari toples cukup dengan menyiapkan toples yang sudah tak terpakai beseta tutupnya,kemudian toples tersebut dilubangi kecil berukuran putung rokok cukup beberapa lubang saja. Untuk sarang dari paralon terdapat beberapa langkah untuk membuatnya.
Siapkan paralon terlebih dahulu,kemudian ukur sesuai ukuran yang ditentukan dengan ukuran sama lalu dipotong sama panjang.Susun paralon yang telah dipotong pada rak yang sudah siap.Setiap bahan untuk sarang semut kroto pastida ada kelabihan masing masing,unttuk sarang dari paralon kelebihannya ialah dapat disusun dengan mudah dan bisa dibolak balik atas bawahnya.Warna yang agak gelap membuat cahaya minim untuk masuk pada sarang,selain itu paralon lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.Paralon  lebih mudah untuk dibersihkan,saat pemanenannya lebih mudah juga koloni jarang ada yang mati saat dipanen.Pokoknya lebih praktis dan fleksibel tentunya perawatannya mudah.

c.Pembuatan rak semut kroto

Desain rak biasanya dibuat susunan sekitar 2 hingga 3 tingkat.Untuk bahan yang dibuat bisa dari kayu,bambu,triplek,dan papan.Untuk ukuran rak yang dibuat diukur terlebih dahulu dengan menyesuaikan tempat yang ada.Bahan gbahan tersebut diukur dan dipotong sesuai ukurang yang ditentukan,kemudian susun dan rangkai dengan paku,kawat,tali atau yang lain. Jika rak telah jadi,rak diletakkan pada tempat untuk budidaya kemudian bagian kaki rak ditopangi oleh wadah dengan isi oli atau air.Supaya hama seperti semut,tiku, dan lainya tidak bisa masuk pada wilayah kandang. Dari toples dan paralon yang sudah disiapkan sebelumnya,disusun pada rak yang sudah jadi dan bibit kroto yang telah siap ditaruh pada rak beserta media yang lain. Untuk peletakan kandang ditempatkan pada ruang tersendiri dengan situasi yang tenang,rapat,dan sejuk.Supaya para semut rangrang terutama siratu bisa memproduksi kroto dengan maksimal dengan hasil yang banyak.

d.Penebaran bibit kroto

Jika rak yang telah dibuat sudah jadi,tempatkan rak tersebut pada lkasi atau ruang khusus untuk budidaya kroto dengan syarat yang telah ditentukan tadi. Setelah itu koloni yang berada pada toples yang diperoleh dari buruan atau beli,diletakkan pada rak tersebut beserta media sarang yang lainnya yang masih kosong. Media seperti toples bekas maupun paralon merupakan beberapa media yang praktis yang mudah untuk digunakan untuk budidaya kroto dan penyusunannya lebih mudah juga perawatannya. Langkah selanjutnya ialah membiarkan semut berkeliaran dan mencari sarang barunya,untuk semut yang masih didalam toples dari hasil membeli tutu toples dapat dibuka supaya para semut bia keluar untuk membuat sarang baru. Jika seluruhnya telah selesai dilakukan selanjutnya tinggal perawatan budidaya kroto yakni pemberian pakan dan minum secara rutin dan pembersihan kandang.

e.Pemberian pakan dan minum

Budidaya kroto agar tidak mati.Jika kita berbudidaya pemberian pakan harus diberikan dengan rutin,untuk pakan yang dapat diberikan untuk kroto adalah pakan seperti hewan keci diantaranya belalang,jangkrik,cicak,dan hewan kecil yang lainnya.Selain itu jenis daging dagingan bisa diberikan seperti daging ayam,dan sumsum tulang dengan memecahkan tulangnya dan harus direbus terlebih dahulu. Pemberian pakan tersebut supaya kebutuhan protein pada kroto terpenuhi dan pertumbuhannya tidak terhambat.
Pemberian pakan taklupa juga degan pemberian minum.Minum untuk kroto adlah minuman air yang dicampuri oleh gula yang terlarut.Mengapa harus air gula,sebab air gula merupakan sumber energi untuk kroto. Dialamnya para kroto memperoleh gula dari mengumpulkannya dari nektar sebagai sumber karbo. Untuk budidaya cukup diberikan larutan dari gula pasir saja.

Untuk wadah penempatan pakan dan minum kroto,biasanya pakan diletakkan pada nampan plastik atau piring plastik dengan bentuk datar.Pakan yang berupa hewan kecil atau yang lainnya ditaruh pada tengah nampan atau piring tersebut.Penempatan wadah pakan diletakkan agak dekat dengan sarang semut tersebut,supaya semut tahu sumbermakanan.Tetapi jangan sampai semut membuat sarang pada wadah pakan saja.Jika pakn yang diberikan masih hidup,bunuh terlebih dahulu supaya pakan tidak melarikan diri dan semut mudah untuk memakannya.Wadah untuk air gula bisa ditaruh pada tatakan yang kecil yang telah diisi dengan air gula dan biasanya akan habis dalam dua hari.

f.Panen budidaya kroto

Kroto mulai dapat dipanen jika telur atau larva semut telah terkumpul banyak dan biasanya memerlukan waktu sekitar 20 hari.Larva dan telur tersebut berwarna keputihan seperti nasi dan sarah telah penuh kan kroto. Cukup dipanen kroto danlarvanya saja,untuk semutnya dikembalikan pada sarang supaya membangun sarang lagi dan menghasilkan kroto. Mulai dari awal pemeliharaan bibit dibiarkan supaya berkembang biak sampai populasinya meningkat,dan untuk bulan bulan pertama jangan dipanen terlebih dahulu supaya populasi menjadi banyak terlebih dahulu. Jika populasi sudah banyak dan hasil kroto telah terlihat panen dapat dilakukan dengan dijadwal pemanenannya biasanya 2 kali dalam satu bulan bisa juga disesuaikan dengan jumlah budidaya kroto yang dipelihara.Untuk langkah pemanenannya:

•    Menyiapkan wadah terlebih dahulu.
•    Siapkan pula ayakan yang diletakkan diatas wadah.
•    Pakai sarung tangan berbahan karet,untuk melindungi dari gigitan semut.
•    Sarang semut ditumpahkan pada atas baskom supaya isi krotonya keluar dan diayak dengan saringan pada atas baskom supaya terpisah antara semut dan kroto.
•    Media yang  telah dipanen dibersihkan lalu ditempatkan kembali pada rak kandang.
•    Semut dikembalikan lagi pada kandang.

g.Manfaat dari hasil budidaya kroto

Hasil dari budidaya kroto memiliki manfaat tersendiri bagi hewan peliharaan lain seperti burung,ikan,atau yang lainya.Contoh pada burung,kroto diberikan untuk pakan burung bertujuan agar burung peliharaan terutama burung kicau mau berkicau dengan bagus dan burung selalu dalam setamina yang sehat.Akan tetapi jangan sampai berlebihan melampaui dosisnya cukup sebagai pakan selingan.Pemberian cukup beberapa kali saja dalam tiap minggunya,jangan setiap hari. Contoh burung kicau yang diajukan untuk lomba adalah burung murai batu,pleci,cendet,dan lainnya. Sesuatu jika berlebihan atupun kekurangan pasti ada dampak atau efek samping tersendiri,sesuai kebutuhan saja. Apabila burung terlalu sering diberi pakan kroto atau serangga lain bisa jadi burung lebih galak dari sebelumnya.apabila burung kekurangan asupan pemberian kroto,suara burung tersebut kurang bagus untuk perlombaan.Jadi kita harus pintar pintar memahami sifat burung peliharaan kita. Kroto untuk pakan burung harus menggunakan kroto yang masih dalam keadaan yang segar,jangan sudah busuk atau tak layak,yang nantinya berdampak pada keadaan suara dan kesehatan burung. Masih ada manfaat yang lainnya dari pemberian kroto,seperti untuk obat,memancing dan lainnya.



2 comments:

  1. terimakasih ilmunya sangat berguna sekali gan. kebetulan adiksaya baru mau mulai ternak kroto.
    salam sukses selalu dari kami
    sewa bus pariwisata di surabaya

    ReplyDelete
  2. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Dapatkan Tips Jitu Bermain Poker Disini

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS PROMO BULANAN

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    ReplyDelete