Pengendalian Gulma,Hama,dan Penyakit Pada Lidah Buaya

Pengendalian gulma,hama,dan penyakit 

 

Gulma

Tanaman lidah buaya ditanam hingga beberapa bulan bahkan beberapa tahan,dengan daun yang tidak rimbun.Hal tersebut mengundang tumbuhnya beberapa gulma disekitar tanaman,maka perlu dilakukannya pengendalian gulma terhadap tanaman. Jenis gulma yang biasanya tumbuh dan merugikan ialah rumput teki,alang-alang,rumput gerinting,krokot dan lainnya.Gulma dapat dikendalikan mulai dari gulma masih kecil dengan cara mencabutnya secara langsung,atau menggaguk atau mencangkulnya.Selain itu dapat pula memakai bahan kimia seperti herbisisda.

Hama

Ulat pemakan daun
Biasanya menyerang terhadap tanaman muda dan menyebabkan pertumbuhan pada tanaman terhambat.Cara mengendalikannya dapat dilakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida.
Bekicot
Bekicot biasanya merusak daun-daun tanaman.Pengendalian sejenis siput kecil ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkannya secara manual.Bekicot yang telah dikumpulkan dapat digunakan sebagai pakan ternak seperti bebek atau yang lainnya,atau dapat langsung dimusnahkan.Bekicot biasanya bertempat dan menyerang pada tempat yang lembab seperti pada semak.

Penyakit

Untuk penyakit yang biasanya menyerang pada lidah buaya ialah jamur,jamur dapat menyebabkan pembusukan pada bagianj pangkal batang atau daun.Dampak dari serangan jamur ialah tanaman menjadi layu dan menjadi mati.Untuk mengendalikannya bisa melakukan pengatutan pada drainase tanah.Apabila tanaman yang terserang sudah parah,dapat dilakukan pemmusnahan tanaman dengan cara mencabunya dan membakarnya.Selain itu kalau belum parah dapat melakukan penyemprotan tanaman dengan menggunakan fungisida pada akar sebelum melakukan penanaman.

11 comments:

  1. Penyakit busuk pa aloevera fungisida yg cocok apa?

    ReplyDelete
  2. I have to say this has been probably the most mega888 ios download helpful posts for me. Please keep it up. I cant wait to read whats next.

    ReplyDelete
  3. There are certainly a lot of Live Casino In Malaysia details like that to take into consideration.Like your Posts.Thanks Keep Posting.

    ReplyDelete
  4. I like your post & I will always be coming frequently to read more
    of your post. Thank you very much for your post once more.

    ReplyDelete
  5. REMOVE VENETIAN BLINDS 2021

    It’s really great post, nice blog..I would like to appreciate your work and would like to tell to my friends.

    ReplyDelete