Budidaya Cabai Merah

Cara Budidaya Cabai Merah

Cabai adalah suatu tanaman holtikultura dengan nilai ekonomi yang sangat penting bagi masyarakat indonesia.Cabai selain digunakan untuk bahan masakan terutama bahn sambal,cabai juga dapat menambah penghasilan para petani,karena harganya yang terkadang melambung tinggi dibandingkan bahan pokok yang lainnya.

Persyaratan tumbuh tanaman cabai diantaranya mulai dari tekstur tanah yang gembur dengan banyak kandungan organik,untuk keasaman tanah antara 5 hingga 7 dengan tanah yang tidak becek.Untuk curah hujan rata-rata 2000 mm setiap tahun secara merata dengan suhu udara antara 160 hingga 320.Tanaman cabai harus memperoleh penyinaran matahari yang cukup terutama pada saat pembungaan.

Persemaian

Untuk benih yang akan ditanamkan harus benih yang unggul dan tahan penyakit.Campuran media penyemai diantaranya adalah pasir,tanah,dan campuran pupuk kandang untuk perbandingannya 1:1 dengan pembuatan bedengan luas 2x1 m disesuaikan dengan keperluan bibit.Benih tersebut ditebarkan pada atas media semai dan ditimbun tipis dengan tanah.Lakukan penyiraman secara rutin dengan semprot atau percikan dan naungi dengan daun atau naungi dengan plastik.Apabila benih telah tumbuh cukup besar,penaungan dapat dikurangi agar bibit memperoleh sinar matahari.

Persiapan lahan

Sebelum bibit ditanam,lakukan pembajakan pada lahan dengan dibuatkan bedengan.Untuk ukuran bedengan bervariasi disesuaikan dengan luas lahan.Apabila laan telah selesai dibajak dapat dicampukan dengan pupuk kandang.Apabila ingin dipasangi mulsa bisa dipasang setelah tanah tercampur dengan pupuk dan bedengan siap.Setelah mulsa terpasang dapat dibuatkan lubang pada mulsa dengan jarak antar lubar sekitar 50 cm,selain itu juga tidak masalah apabila tidak menggunakan mulsa.
Setlah lahan siap dan telah dibuatkan lubang untuk tanam,bibit yang telah siap dapat ditanamkan biasanya sudah berdaun sekitar 5 helai.Timbuni akar hingga setengah pohon dengan tanah dan agak dipadatkan lalu disiram.Untuk penyiraman dapat dilakukan disesuaikan dengan tinggi rendahnya curah hujan,apabila curah hujan sedang dapat disiram dua hari sekali.Pemupukan susulan dapat dilakukan apabila tanaman sudah besar dengan menggunakan pupuk kandang atau urea sesuai dengan dosis.

Pemeliharaan

Setelah satu mingu penanaman,lakukan pengontrolan pada tanaman yang mati atau layu dan ganti dengan bibit yang baru dari sisa bibit pembenihan.Lakukan penyiangan apabola terdapat gul,a atau rumput yang tumbuh.Pemasangan ajir dapat dilaukan apabila tanaman cukup besar,dengan menancapkan kayu pada sekitar pohan dan tali dengan rafia.
Hama yang biasa menyerang tanaman cabai diantaranya kutu,ulat grayak,penyakit bercak daun cara mengatasinya biasanya dapat menyemprotkan pestisida pada tanaman yang terserang.

Pemanenan

Tanaman cabai dapat dipanen apabila cabai telah masak atau sudah tua.Cabai yang telah masak biasanya bewarna merah,kuning,atau,agak oranye.Panen dapat dilakukan secara berkala sesuai dengan cabai yang masak.Cara panen dengan memetik buah cabai disertakan dengan tangkainya,setelah pemanenan seleai cabai dapat dijual pada pengepul atau pasar.

1 comment:

  1. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Dapatkan Tips Jitu Bermain Poker Disini

    Ikuti Promo Menarik Setiap Bulannya dari Donaco Poker...Dapatkan Bonus Chip Setiap Hari....

    Gunakan OVO pay untuk memudahkan dan mempercepat proses deposit anda!!

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS PROMO BULANAN

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    ReplyDelete